Buka Pameran Pelayanan Publik, Pj. Gubernur Adhy Dorong Lahirnya Inovasi Layanan yang Makin Efektif, Efisien dan Berdampak
SURABAYA, 13 NOVEMBER 2024 Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono membuka Pameran Pelayanan Publik Serta Penganugerahan Penghargaan Pelayanan Publik, Akuntabilitas Kinerja, Zona Integritas dan Budaya Kerja Tahun 2024 di Grand City Convention Hall Surabaya, Rabu (13/11).
Dalam sambutannya, Pj. Gubernur Adhy terus berkomitmen menciptakan reformasi birokrasi yang berdampak langsung pada masyarakat. Oleh sebab itu, dirinya terus mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik melalui inovasi yang makin efektif, efisien dan berdampak. Terlebih dengan dinobatkannya Provinsi Jatim sebagai provinsi dengan inovasi terbanyak yang masuk Top 99 maupun Top 45 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP), hal ini menunjukkan bahwa Jatim merupakan provinsi terinovatif se-Indonesia. "Dengan menyandang predikat Provinsi Inovatif, maka kami terus berupaya untuk menjaga semua pelayanan publik makin efektif dan efisien serta memberikan kepuasan kepada masyarakat," katanya.
Adhy mengatakan, salah satu wujud dari efektivitas ini adalah inovasi yang dilakukan dapat digunakan atau bermanfaat dalam jangka panjang. Sehingga manfaat inovasi tersebut dapat dirasakan oleh banyak orang. "Menjaga inovasi bukan sekedar membuat inovasi untuk lomba, tapi inovasi yang berkelanjutan dan bisa direplikasi. Maka kali ini kami memberikan penghargaan bukan sekedar untuk inovasinya, tetapi inovasi yang berlanjut setiap tahun dan bisa digunakan juga direplikasi oleh satker atau tempat lain," terangnya.
Pj. Gubernur Adhy menyebut bahwa untuk sekarang ini Pemprov Jatim memang sedang fokus menjalankan inovasi yang sudah ada. Meski begitu, inovasi untuk program-program baru tetap akan diusahakan untuk perwujudan "Pelayanan Prima" di Jawa Timur. "Ini kami lakukan untuk mempercepat penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang sampai saat ini berjumlah 31 MPP. Kemudian direncanakan tambahan satu MPP kota yang akan diresmikan pada akhir tahun, serta enam kabupaten/kota lainnya masih dalam proses pembangunan," ungkapnya. "Upaya tersebut juga merupakan komitmen pemerintah untuk mewujudkan amanat-amanat Grand Desain Reformasi Birokrasi Tahun 2010-2025, yaitu mengubah birokrasi pemerintah menjadi birokrasi yang kuat dan berkelas dunia, yang mampu memberikan fasilitas dan pelayanan publik yang prima dan bebas dari KKN," imbuhnya.
Sementara itu, Sekretaris Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Akik Dwi Suharto Rudolfus mengatakan bahwa pihaknya senantiasa mengapresiasi dan mendukung komitmen Pemprov Jatim untuk melaksanakan reformasi birokrasi yang sesungguhnya. "Beberapa titik di Jawa Timur sudah memperoleh predikat WBK dan WBBM. Artinya mereka memberikan pelayanan yang berintegritas yang menjadi role model dan mendorong seluruh PD di provinsi lain untuk mengadopsi nilai-nilai ini," katanya.
Pameran pelayanan publik ini diselenggarakan selama tiga hari yakni 13-15 November 2024 bertempat di Grand City Surabaya. Pameran ini diisi oleh berbagai instansi yang terdiri dari 49 stand layanan administrasi, 42 stand layanan kesehatan, 37 stand inovasi dan teknologi, 9 stand pelayanan inklusif/kelompok rentan, juga 9 stand makanan dan minuman. Dalam kesempatan ini, Pj. Gubernur Adhy juga meluncurkan Maskot Pelayanan Publik "Si Dame". Di mana, maskot ini berbentuk harimau berkepala monitor yang menggambarkan bagaimana pemerintah lebih mudah memonitor layanan publik berkat teknologi informasi. Penganugerahan Penghargaan Pelayanan Publik, Akuntabilitas Kinerja, Zona Integritas dan Budaya Kerja Tahun 2024
Dalam kesempatan tersebut, Pj. Gubernur Adhy didampingi oleh Sekretaris Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB menganugerahkan Penghargaan Pelayanan Publik, Akuntabilitas Kinerja, Zona Integritas dan Budaya Kerja Tahun 2024. Untuk kategori Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, terdapat 12 dinas yang meraih predikat Sangat Memuaskan. Penghargaan kategori Pemantauan dan Evaluasi Kerja Penyelenggara Pelayanan Publik berpredikat Prima diberikan kepada tujuh instansi sedangkan yang berpredikat Sangat Baik diberikan kepada 20 instansi. Untuk Pemantauan Keberlanjutan dan Replikasi Inovasi Pelayanan Publik, penghargaan diberikan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Prov. Jatim serta RS Jiwa Menur dengan predikat Top Inovasi Terbaik Kelompok Keberlanjutan.
Selain itu, penghargaan Budaya Kerja dengan predikat Sangat Cettar diberikan kepada 14 Perangkat Daerah, empat Unit Organisasi yang bersifat Khusus yang selanjutnya disingkat (UOBK), serta empat kabupaten/kota. Kategori Zona Integritas Layak Berpredikat WBBM diberikan kepada lima instansi. Terakhir, kategori Indeks Kepuasan Masyarakat untuk Top 3 IKM Terbaik diberikan kepada tiga Perangkat Daerah juga tiga kabupaten/kota. Tak hanya itu, Pj. Sekretaris Daerah Prov. Jatim Bobby Soemarsono turut menyerahkan penghargaan kepada para juara Lomba Pelayanan Publik. Terdapat tiga kategori yang dilombakan, yakni Lomba Cinematics (Video Pelayanan Publik OPD), Lomba Think Bureaucracy, serta Lomba Desain Maskot.